Struktur Program

Dalam menentukan struktur kurikulum Mayasya, dilakukan analisis terhadap struktur kurikulum al Azhar Kairo dan struktur kurikulum MTs Depag yang terdapat pada Standar Isi (Keputusan Menteri Agama Nomor: 165 Tahun  2014 Tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013) dihubungkan dengan visi, misi, dan tujuan mayasya. Maka pemanfaatan jam pembelajaran tambahan dialokasikan pada mata pelajaran tertentu, sebagai berikut:

Peminatan Keagamaan

NOMATA PELAJARANKELAS
XXIXII
KurModKurModKurMod
Kelompok A (Wajib)
Mapel Al-Azhar
1al Qur’an Hadits
aTahfidz Al-Qur’an214210210
bTafsir wa Ulumuhu322224
cHadits wa Ulumuhu222224
2Fikih
dFikih wa Ushuluhu626264
3Akidah Akhlak
eTauhid222222
fMantiq111
4Bahasa Arab
gNahwu545454
hSharaf222
iBalaghah33131
jArudhi1
kInsya wa Muthala’ah242424
5Sejarah Kebudayaan Islam
lAdab wa Nushus2221
Jumlah303030282834
6Bahasa Indonesia444444
7Matematika444444
8Bahasa Inggris222424
9Sejarah Indonesia212121
10PKN212121
Kelompok B (Wajib)
11Seni Budaya (eskul)222
12Penjaskes323232
13Prakarya/Pramuka22222
Kelompok C (Peminatan)
14Tafsir wa Ulumuhu
15Hadits wa Ulumuhu
16Fikih wa Ushuluhu
14Ilmu Kalam444
15Akhlak444
16Bahasa Arab444
Kelompok D (Pendalaman & Lintas Minat)644
17 Bahasa Arab22
 18Insya22
392037223716
695067506550

*Catatan:

Mata pelajaran kelompok C diadopsi pada mata pelajaran materi al-Azhar asy-Syarif, hal ini sesuai dengan isi MoU antara Kementerian agama RI dengan al-Azhar Mesir dan SK Dirjen Pendis tentang Tata Kelola Madrasah Al-Azhar asy-Syarif Indonesia

Pengembangan diri peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikulum, Bimbingan dan Konseling, serta Kegiatan Ubudiyah

Peminatan Reguler IPA atau IPS

NOMATA PELAJARANKELAS
XXIXII
KurModKurModKurMod
Kelompok A (Wajib)
Mapel Al-Azhar
1al Qur’an Hadits
aTahfidz Al-Qur’an2142827
bTafsir wa Ulumuhu32121
cHadits wa Ulumuhu22121
2Fikih
dFikih wa Ushuluhu226262
3Akidah Akhlak
eTauhid212122
fMantiq11
4Bahasa Arab
gNahwu527251
hSharaf22
iBalaghah333
jArudhi1
kInsya wa Muthala’ah222121
5Sejarah Kebudayaan Islam
lAdab wa Nushus222
Jumlah262130162815
6Bahasa Indonesia444444
7Matematika444444
8Bahasa Inggris242424
9Sejarah Indonesia212121
10PKN212121
Kelompok B (Wajib)
11Seni Budaya (eskul)222
12Penjaskes323232
13Prakarya/Pramuka2222
Kelompok C (Peminatan)
14Kimia/ Geografi434445
15Fisika / Ekonomi434445
16Biologi / Sosiologi434445
Kelompok D (Pendalaman)644
17Bahasa Arab2 2 2
18Insya2 22
392937343735
655067506550

*Catatan:

Pengembangan diri peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikulum, Bimbingan dan Konseling, serta Kegiatan Ubudiyah

Program Penjurusan

Sebagai madrasah yang berstatus negeri dan cabang dari AL-Azhar Mesir membawa konsekuensi dalam penentuan program penjurusan yang mampu mengakomudir dari kedua belah pihak. Berdasarkan studi kelayakan pada 4 program penjurusan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Nampak program keagamaan sangat cocok dengan 2 program yang diselenggarakan oleh Al-Azhar, baik Program Ilmi maupun Adabi.

Dan Pemilihan untuk program kejuruan Al-Azhar yaitu Ilmi lebih sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional, karena mempelajari Sains atau ilmu eksak yang bersifat umum. Berbeda dengan program adabi yang lebih banyak memuat tentang kondisi social budaya mesir secara khusus dan Arab Umumnya.

Kombinasi Program Keagamaan Kemenag dan Program Ilmi al-Azhar asy-Syarif memberikan beberapa keuntungan bagi siswa, antara lain :

  • Materi Keagamaan tidak ada perbedaan kedua program dari sudut isi, hanya berbeda dari sudut bahasa pengantarnya. Sehingga tidak ada penumpukan materi yang membebani siswa
  • Siswa tetap mempelajari materi IPA walaupun dengan menggunakan kurikulum al-azhar, sehingga peserta didik yang tidak bersedia melanjutkan pendidikan tingginya di Mesir bisa melanjutkan di Perguruan tinggi di Indonesia.
  • Waktu Pelaksanaan Ujian Nasional siswa terfokus pada materi UN untuk jurusan keagamaan, dimana siswa tidak terbebani dengan ujian materi IPA.

Pendidikan Kecakapan Hidup

Pendidikan kecakapan hidup, yaitu Budaya Menabung dengan tujuan untuk:

  • Mendidik untuk bersikap hemat
  • Mendidik dan menerapkan Budaya Menabung menurut syariah Islam (sesuai dengan yang diajarkan pada materi muatan lokal Ekonomi Syariah)
  • Agar dapat memahami tentang risiko dan untuk mengatasi risiko
  • Membuat karya ilmiah dengan penelitian.