Kamis, 16 Februari 2023 merupakan momen bersejarah bagi Mahad Al-Azhar Asy-Syarif dan bagi MA Al-Azhar Asy-Syarif filial MAN 4 Jakarta khususnya, karena pada hari itu mendapat Kunjungan para pejabat dari Qitha’ Maahid Al-Azhar Kairo Mesir. Para pejabat tersebut adalah Syekh Ahmad Abdul Adzim Muhammad Husain, wakil kepala Ma’had Al Azhar urusan Evaluasi, Syekh Ahmad Kholifah Syarqawi, wakil kepala Ma’had Al Azhar Urusan Pengajaran, Syekh Muhammad Abu Royah Futuh, Direktur Jendral Urusan Evaluasi, Syekh Sayid Mahmud Abdul Athi, Direktur Urusan Evaluasi Pengajaran Tingkat Aliyah dan Sejenis, dan Syekh Muhammad Mahmud Addubais, Direktur Ma’had Al Azhar Luar Negeri pada kantor pusat bidang Evaluasi.

Dalam rangka menyambut kedatangan para Pejabat tersebut, turut hadir kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Bapak H. Cecep Khairul Anwar, kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, H. Nur Pawaiduddin, kepala seksi Pendidikan Madrasah Kota Jakarta Selatan, H. Triisnadian, kepala MIN 14 Al-Azhar Asy-Syarif, H. Ru’yat Ismail, kepala MTsN 41 Al-Azhar Asy-Syarif, Hj. Faizah, dan kepala MA Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia Filial MAN 4 Jakarta, Aceng Solihin beserta pendidik dan tenaga pendidik di lingkungan Ma’had Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia.

Kepala kantor Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta sekaligus mewakili pimpinan Ma’had Al-Azhar Asy-Syarif, mengucapkan terimakasih atas kunjungan para Pejabat Al-Azhar Kairo ke Indonesia dan ke Ma’had Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia. Beliau berharap kunjungan kehormatan ini menjadi tali ikatan yang kuat bagi hubungan kerjasama dalam pendidikan antara kementerian Agama dan Al-Azhar Kairo Mesir.

 

Daya minat siswa untuk melanjutkan ke Al-Azhar Mesir, baik untuk tingkat Ma’had atau Kuliah semakin meningkat, sementara beasiswa tersedia sangat terbatas. Sejak 7 tahun ini, kuota beasiswa Ma’had Al-Azhar Asy-Syarif untuk melanjutkan ke Al-Azhar Mesir hanya berjumlah 10 orang. 5 orang untuk MATASYA dan 5 orang untuk MAYASYA. Semoga ini menjadi perhatian dan prioritas dari pihak Al-Azhar Mesir untuk menambah kuota beasiswa, bahkan untuk MINASI, karena saat ini ada 2 peserta didik dari MINASI yang melajutkan ke tingkat I’dadi (Tsanawiyah) di Mesir.” imbuh Bapak Cecep Khairul Anwar, dalam sambutannya selaku kepala Kanwil Kementerian Agama DKI Jakarta.

Syekh Abdul Adzim Muhammad Husain dalam sambutannya, mengatakan bahwa Indonesia dengan Negara Mesir mempunyai keterikatan persaudaraan karena misi kemanusiaan, misi keislaman, dan misi ke Al-Azharan.

Ma’had Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia sudah menjadi perhatian khusus bagi Grand Syekh Al-Azhar, Ahmad Toyyib, karena pelajar Indonesia di Mesir sangat mendominasi” Jelas wakil kepala Ma’had Al Azhar urusan Evaluasi

Dalam sambutannya, wakil kepala Ma’had Al Azhar Urusan Pengajaran, mengatakan bahwa bahsa arab merupakan bahasa yang paling penting dalam memahami Al-Quran dan Hadits, maka penegasan dan pembiasaan anak-anak untuk mempelajari bahasa arab ini harus terus ditingkatkan.

Semua yang menjadi harapan dan keinginan anda semua di sini akan kami sampaikan ke Grand Syekh, Ahmad Toyyib,” tegas Syekh Ahmad Kholifah Syarqawi di Akhir Sambutannya.

 

Mayasya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *