Jakarta – Jum’at, 12 November 2021, MA Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia Filial MAN 4 Jakarta menggelar acara dalam rangka memperingati Hari Guru dan Hari Pahlawan. Acara ini berlangsung dengan khidmat dimulai pukul 08.00 – 10.00 WIB dan dilaksanakan secara daring melalui ZOOM. Acara Peringatan Hari Guru dan Pahlawan kali ini dihadiri kurang lebih 180 participan termasuk guru, karyawan, siswa dan tamu undangan MA Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia Filial MAN 4 Jakarta.

Hari Pahlawan dan Hari guru

Untuk mengais keberkahan dalam acara ini  dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an serta saritilawah oleh Ustadz Ainul Ghozi dan Naurah Nafi’ah dari kelas 10 IPS. Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya secara bersama-sama. Sambutan dalam acara kali ini disampaikan Ibu Hilmawati selaku Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan dan Naila Shifana dari kelas 11 IPA selaku ketua pelaksana. Sedangkan Bapak Aceng Solihin selaku Kepala Madrasah memberikan motivasi kepada para siswa dan Guru, dan mengucapkan terimakasih kepada para siswa dan guru yang merupakan para pahlawan pendidikan.

Agenda Hari Guru dalam acara kali ini yaitu penayangan video ucapan “Selamat Hari Guru” oleh semua kelas di MA Al-Azhar Asy-Syarif Indonesia Filial MAN 4 Jakarta dan video persembahan dari OSIS MPK periode 2021/2022. Lalu, dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan untuk para guru dan penyerahan simbolis kenang-kenangan dari siswa.

Adapun agenda Hari Pahlawan, terdapat beberapa penampilan yang luar biasa. Yang pertama yaitu pembacaan puisi yang merupakan kolabobasi dari guru dan siswa oleh Ibu Hilmawati dan Mutia Salsabila dari kelas 11 IPA. Penampilan kedua juga merupakan kolaborasi dari guru dan siswa, yaitu penanyangan video menyanyikan lagu wajib nasional yang diiringi dengan gitar oleh Ibu Siti Mekah, Raja Musaid, Daffa Shaka, Fathia Meirizka, Valiza Salsabilla dan Azka Zhahira.

Tidak hanya itu, acara pun dilanjut dengan permainan tebak gambar yang dipandu oleh Raka Fadhilah dari kelas 11 IPA dan diikuti oleh seluruh siswa yang hadir. Untuk agenda terakhir, yaitu pengumuman pemenang lomba Hari Guru dan Hari Pahlawan serta penayangan hasil karya para pemenang yang disampaikan oleh Raka Fadhilah. Terdapat 2 macam lomba, yaitu Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Cosplay Pahlawan.

Acara Peringatan Hari Guru dan Hari Pahlawan kali ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustadz Mahmut Baidowi. Dari pelaksanaan Acara Peringatan Hari Guru dan Hari Pahlawan ini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kita patut untuk meneladani jasa para pahlawan dan selalu menghargai serta menyayangi guru-guru kita agar kemudian bisa menjadi generasi penerus yang bisa membanggakan orang-orang yang telah berjasa pada kita.

Oleh: OSIS Mayasya

Mayasya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *