اعلم بأن طالب العلم لا ينال العلم ولا ينتفع به إلا بتعظيم العلم وأهله وتعيظيم الأستاذ وتوقيره. ومن تعظيم العلم تعظيم الكتاب فينبغي لطالب العلم ألا يأخذه إلا بطهارة.

“Ketahuilah bahwa penuntut ilmu tidak akan mendapat ilmu dan tidak mendapat kemanfaatan darinya  kecuali dengan mengagungkan ilmu dan ahlinya, dan mengagungkan guru dan menghormatinya Dan diantara mengagungkan ilmu adalah mengagungkan kitab, maka hendaknya bagi penuntut ilmu tidak mengambil kitab kecuali dalam keadaan suci”


Dalam kajian kitab ta’lim mutaallam Senin pagi ( 8-2-21) di MA Al-Azhar Asy-Syarif, kelas XI mengkaji Nasihat Imam Zarnuji di atas, yaitu tentang menghormati guru dan menghormati kitab.

Tentunya kajian ini sangat kontektual bagi siswa apalagi dalam kondisi PJJ seperti sekarang ini. karena terkadang ditemukan siswa yang ikut pelajaran namun tidak mau menampakkan wajahnya, terkadang ada juga yang ikut pelajaran namun tidak memperhatikan ustdnya, dan masih juga ditemukan para siswa yang tidak meletakkan kitab pada tempatnya, membiarkan kitab-kitabnya berserakan diatas meja tanpa merapikannya.

Maka dari itu  ustd Zainul Arifin selaku penyaji dalam kajian tersebut menghimbau kepada para siswa untuk senantiasa menghormati ustd, mentaati petuahnya, tidak membuatnya kesal, menghormati keluarganya. begitu juga beliau menghimbau para siswa senantiasa mengormati kitab dan buku, hendaknya setiap membuka kitab atau pelajaran dalam keadaan berwudhu’. dengan demikian kita berharap supaya ilmu yang didapat kelak akan memberikan keberkahan dan kemanfaatan . Amiin

Humas

Mayasya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *