Judul Buku                          : Kaifa Tudzakiru?

Jumlah Halaman               : 167 halaman

Pengarang                          : Wilson Carols

Koreksi                                 : Adly Sulaiman

Dipersembahkan             : Dr. Muhammad Abdul Khaliq Allam

Penerbit                              : Muassasah I’lam – Tahrir Cairo

Usia remaja adalah usia sangat subur dalam perltumbuhan manusia, usia remaja ini dalam bahasa arab disebut dengan usia murahaqah yang kira-kira berkisar antara usia 13-24 tahun. Dalam usia murahaqah ini pertumbuhan seseorang sangatlah cepat baik pada bagian fisik, akal dan daya  berfikir seseorang. Karena pada masa ini adalah masa yang sangat subur maka diusia ini juga daya tangkap dan daya pikir seseorang mengalami kemajuan yang pesat, sehingga belajar diusia ini adalah waktu yang edial. Namun tidak serta merta ilmu gampang didapat karena dalam usia ini seseorang juga mulai menemukan persoalan dan masalah-masalah baik yang berkaitan dengan dirinya, keluarga maupun sosial sehingga konsentrasi belajar seseorang juga terganggu dan kesempatan yang edial untuk belajarpun terbengkalai. Dari itu dalam buku ini pengarang ingin megulas cara belajar yang tepat bagi para remaja sehingga tidak kehilangan kesempatan yang baik ini dalam menyerap ilmu. Diantara trik belajar yang diulas dalam buku ini adalah:

  1. Tentukan masalahmu dan berani untuk mengatasinya Sudah barang tentu manusia dewasa tidak akan pernah lepas dari masalah, baik masalah yang berkaitan dengan kesehatan, permasalahan ekonomi, masalah keluarga, masalah dengn lingkungan sekolah, masalah pubertas, masalah sosial dan lain-lain. Kalian seharusnya percaya diri dalam menghadapi permasalahanmu sendiri, jika menemukan kebuntuhan seringlah berembuk dengan orang yang terpercaya dan dianggap berpengalaman. Jangan simpan permasalahanmu sehingga mengganggu konsentrasi belajarmu.
  2. Memahami kemampuanmu berupa kecerdasan IQ, kemampuan menghafal dan kreatifitas. karena semua manusia lahir dengan kemampuan yang berbeda-beda yang diberikan Allah swt. Sekarang bagaimana kamu menggunakan kemampuanmu dalam belajar dan meraup ilmu.
  3. Membiasakan diri untuk membaca cepat, Yang dimaksud membaca cepat di sini adalah  membaca cepat dan memahmi konten bacaan. untuk mengetahui cara membacamu cepat atau tidak adalah jika kamu membaca kurang dari 110 kata dalam satu menit berarti cara bacamu termasuk lambat, dan butuh untuk sering melatih diri membaca cepat,  sehingga kamu mampu membaca 615 kata permenit.
  4. Mencari cara yang paling tepat untuk belajar. Setiap orang tentunya punya cara yang berbeda-beda dalam belajar, dan kami tidak bisa  menganjurkan dengan salah satu cara, namun unsur yang paling baik dalam belajar adalah bagaimana kamu mampu memahami materi, menghafal dan menguatkan pengetahuan dengan praktik atau tasmik kepada orang lain atau menuangkan kembali dalam bentuk tulisan.
  5. Mengatur waktu dan membuat jadwal belajar, yang dimaksud disini adalah bukan berarti seseorang belajar terus menerus dari bangun tidur sampai tidur lagi, namun yang dimaksud adalah kalian dapat mengatur kegiatan harianmu dengan teratur.  kamu dapat mengatur kapan waktunya belajar, kapan waktunya istirahat, kapan waktunya tidur, kapan waktunya olah raaga, kapan waktunya bertemu sahabat dan teman.
  6. Mempersiapkan diri mengikuti ujian, yang perlu kamu tanamkan dalam menghadapi ujian adalah bahwa berbuat curang dalam ujian adalah bentuk penghiatan kepada diri sendiri, kepada orang tua, Agama dan negara, dari itu jangan sampai kamu berniat curang. niat curang hanya akan melemahkan azammu dan daya pikirmu.
  7. Senantiasa berdoa kepada Allah SWT karena pada hakikatnya Ilmu adalah milik Allah SWT yang diberikan kepada hambanya yang dikehendaki, sedangkan kita hanya berusaha untuk mendapatkannya.

(MB)

Mayasya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *