DALAM SHALAT JAMA’AH, AKU BERLATIH MENJADI PEMIMPIN

Lonceng berdering pertanda pembelajaran di kelas selesai dan zuhur pun tiba. Siswa-siswi segera mengambil air wudhu dan menuju ke gedung baru Aliyah yang telah selesai dibangun pada bulan Desember 2016. Di gedung inilah mereka melaksanakan shalat zuhur dan ashar berjama’ah. Kegiatan ini berlangsung sampai menunggu masjid Al-Azhar selesai dibangun sebagai pusat kegiatan keagamaan di lingkungan Ma’had Al-Azhar  (MIN Al-Azhar, MTsN Al-Azhar, dan Aliyah Al-Azhar).

Shalat berjama’ah merupakan ciri khas bahkan menjadi tata tertib yang harus diindahkan oleh siswa-siswi Aliyah Al-Azhar sebagai penerapan pembelajaran kurikulum Al-Azhar Kairo Mesir. Dalam kegiatan shalat berjama’ah, siswa dilatih menjadi disiplin, tertib, dan bertanggung jawab dalam menjalankan amanah, baik amanah shalat  sebagai kewajiban seorang muslim maupun amanah sekolah. Amanah sekolah yang dimaksud adalah penugasan yang terjadwal kepada setiap siswa laki-laki mengumandangkan azan, menjadi  imam memimpin shalat, memimpin baca do’a, dan menyampaikan pesan-pesan spiritual melalui kultum.

Kegiatan ini merupakan rutin setiap hari efektif belajar sehingga menjadi kegiatan pembiasaan yang didasari atas kesadaran tanggungjawab oleh  setiap siswa-siswi. Ini sejalan dengan tuntutan kurikulum bahwa sekolah dituntut umtuk menciptakan lingkungan pembiasaan dalam rangka membentuk prilaku peserta didik yang  terpuji, giat belajar, bekerja keras, dan menyelesaikan setiap tugas yang telah diberikan. Membiasakan shalat jama’ah dengan ikhlas, akan memperoleh limpahan cahaya petunjuk dari Allah yang berfungsi menjernihkan hati dan sebagai petunjuk dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan demikian akan terbentuk karakter yang baik.

Selesai shalat berjama’ah dan do’a, secara rutin MC berdiri dengan penuh kepercayaan dan senyum menyampaikan jadwal pemateri kultum yang sudah terjdwal secara bergilir antara putra putri. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan dan melatih siswa-siswi dalam mengembangkan wawasan keilmuan bidang keagamaan, umum, dan bahasa. Tidak hanya itu saja, tampil depan umum menyampaikan pesan-pesan tertentu, merupakan salah satu faktor latihan untuk menjadi pemimpin. Ini sejalan dengan visi misi sekolah membentuk generasi pemimpin yang jujur, berakhlak mulia, dan bertakwa serta berdedikasi yang tinggi. (Muhammadong)

Hilma