Jumat, 7 Oktober 2016, MA Al Azhar Asy Syarif Indonesia berkunjung ke Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas madrasah serta penerimaan tamatannya di perguruan tinggi. Mengajak para siswa untuk berkunjung ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia agar mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa diterima di perguruan tinggi yang mereka inginkan. Selain itu, kunjungan rutin ke perguruan tinggi terkemuka di Indonesia merupakan salah satu cara untuk mengenalkan atmosfer akademis kampus kepada para pelajar selaku calon mahasiswa. Berkaitan dengan hal itu, biasanya setiap sekolah menengah atas atau sederajat memiliki program rutin berupa kunjungan ke kampus-kampus.

Acara dikemas dengan menarik. Kunjungan diterima oleh Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah Dr. Hamka Hasan, Lc. M.A., Ketua Program Studi Dr. Yuli Yasin, M.A., dan segenap civitas fakultas. Selain presentasi dari program studi Dirasat Islamiyah yang menjelaskan tentang pemintan, prospek dan tantangan perkulihan di Fakultas Dirasat Islamiyah secara khusus, kegiatan ini juga menghadirkan native speaker dari Moroko yang kini telah menjadi dosen tamu (visiting professor) yaitu Dr. Abdul Aziz Munadil. Beliau memberikan wejangan tentang Keutamaan Studi Agama kepada para siswa MA Al Azhar Asy Syarif Indonesia. Para siswa juga diajak berkeliling kampus untuk melihat fasilitas, sarana, dan prasarana yang dimiliki oleh Fakultas Dirsat Islamiyah

Terkait dengan kunjungan ini, Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan MA Al Azhar Asy Syarif Indonesia, Abdul Kadir, Lc., M.A. menambahkan bahwa agenda kunjungan rutin ke perguruan tinggi sudah disampaikan kepada setiap wali murid di sekolahnya. Harapannya agar setiap orang tua atau kerabat keluarga bisa mempersiapkan agenda keberangkatan anaknya sejak awal.

Senada dengan Abdul Kadir, guru perwakilan MA Al Azhar Asy Syarif Indonesia, Ust. Mahmut Baidowi, Lc. M.A. menuturkan bahwa kunjungan ke kampus-kampus merupakan agenda yang direncanakan di sekolahnya. “Kami akan mengajak anak didik kelas X peminatan keagamaan agar mereka mengetahui informasi seputar kampus sejak awal.” (KDR-Ed.HLM)